Skinpress Demo Rss

Sebuah..perubahan

Filed Under (, ) by Pitiful Kuro on Tuesday, September 09, 2008

Posted at : 2:20 PM

Jumat 5 september 2008

Sebelum gw memulai apa yang akan gw sampein, gw mau kasih warn dulu.. ehm.. kepada orang-orang yang optimistik, skeptik atau sangat apatis, disarankan untuk ngga membaca entry gw yang kali ini. entry gw kali ini dijamin 100% isinya adalah muntahan semua pikiran-pikiran negatif gw, dan gw yakin, untuk orang-orang yang jenis-jenis pikirannya kaya diatas bakalan dengan tanpa keraguan mencerca, mencela atau bahkan memandang remeh gw. Gw ga peduli segala macem cercaannya itu disuarakan ke gw atau cuma dalem hatinya aja, gw ngga mau itu, gw ngga butuh cercaan, dan gw ga sudi dicerca walaupun itu cuma dipikiran orang doang. Gw cuma butuh dukungan..

Ok, lets start this lecture with the cloudy one.. kemarin, seseorang dengan baik hati memberi gw sebuah saran, yang intinya,

“jangan ikut campur urusan orang lain terlalu jauh”,

poin pertama. Oke, gw mengerti itu, gw selalu dihinggapi ketakutan saat gw mencoba bertanya, “ada apa? Apa semuanya oke-oke aja?”, gw selalu takut dan khawatir akan dijawab dengan jawaban-jawaban yang bunyinya ‘menolak’ gw. Dan gw lebih takut lagi andaikan usaha gw untuk menolong itu malah membuat dia tambah terpuruk.. In that point, gw ngga tau harus apa..

“tanpa lo bantu, masalah orang itu bakal selesai sendiri seiring dengan berjalannya waktu”

poin kedua.. dia bener, ada atau ngga adanya gw dalam membantu urusan mereka bisa dibilang ga ada bedanya, mungkin gw cuma mempercepat—atau memperlambat? Yang pasti, sama aja, pastinya bakal selesai juga. Tapi, gw. Atau lebih tepatnya hati gw, ngga bisa hanya diem matung saat orang lain mengeluarkan statement yang.. euh.. bikin hati gw sakit. But.. The most important thing she said to me, is..

”bersikeras untuk tolong orang lain? Kalo gitu, jangan gunakan hati untuk tolong mereka, karena bisa-bisa masalah mereka pindah ke elo, dan akibatnya, lo harus tanggung masalah mereka, inget, mereka yang punya masalah, bukan elo”

poin ketiga, sejujurnya, gw menganggap statement yang terakhir ini sebagai lelucon konyol tengah malem. Yah, gimana caranya menolong, tapi tanpa gunakan hati? Jelas mustahil, ngga mungkin. Andaikan seperti itu, sekalian aja gw bikin sebuah kantor berbasis profit yang tujuannya “menolong” orang. Bisnis tolong menolong? My..mati aja. Gw berpikir, itu adalah konsekuensi, konsekuensi dari apa yang gw lakuin buat orang laen, ya gw mendapat sebuah beban baru.. pahami dan rasakan. Itu kan dasar dari niatan nolong orang? Dan akhirnya gw menyadari kenapa dia memberikan statement mustahil kaya gitu.. intinya sama, “jangan ikut campur urusan orang lain”.. gw berusaha menganggap apa-apa aja yang dia sampaikan sebagai omong kosong, angin lalu, sekedar ngalor ngidul sebelum tidur, pengisi waktu luang, ngga lebih...

But in fact.. it makes me cannot close my eyes, even a minute, All. Night. Long... Fool? Yeap.. that’s me..
Gw ga tau, apakah mencoba mikirin apa-apa aja yang orang itu bilang atau apa? Jujur, ide-idenya bener-bener ga kepikiran oleh gw sebelumnya, baru. Kenapa? Kayanya gw selama ini gw selalu menghindari tipa-tipe orang macem ini, yang skeptis dan err.. sarkastis.. yea, gw kan sensitip, kayanya bakal rusu aja kalo ngomong sama orang.. cablak.. (sori maimen, gw ga nemu kata yang pas.. peace)

Selesai, paginya, dengan nyaris ga tidur, gw ke kampus satu jam lebih awal dari jadwal, kenapa? Gw mau nolong anak kelas gw yang kehilangan bukunya.. great.. lagi-lagi nolong? Very nice of me, eh? Yang diakhiri dengan tidak ketemunya buku itu setelah berkeliling beberapa fakultas tempat buku itu terduga ilang, dan anak itu bilang “terima kasih”, finish. Kelas dimulai, semua berjalan normal, seperti biasa dan ga ada bau-bau masalah sedikitpun, sampe salah satu anak nyamperin gw, dan dia minta waktu gw sehabis selesai kelas, gw mengiyakan. Gw dan dia lalu duduk hadap-hadapan, dan mulailah dia berbicara, ternyata anak ini—yang adalah sekretaris kelas, mendapat berbagai macam kritikan soal bagaimana gw sebagai Ketua mahasiswa dari anak-anak kelas. Yeah.. setengah jam gw mendengarkan, dan setengah jam pula gw manggut-maggut dan memberikan beberapa alasan sambil senyum, berusaha terlihat oke.. tapi hati gw jerit. Baiklah, emang pada awal gw dipilih, gw bilang, “silakan kritik atau berikan saran, saya akan menerimanya dengan baik”, yeah.. gw ngga sangka, ternyata beda rasanya dengan saat dirohis. Dirohis, semuanya langsung ke sasaran, ada yang salah, langsung dikoreksi, tapi disini? Kenapa harus sembunyi-sembunyi?

“Lo itu nyebelin”

Tiga kata singkat penuh makna, penuh kejujuran dan keyakinan penuh dari seseorang yang ngga akan pernah gw lupain. Berbeda dengan seseorang yang berhasil melupakan kejadian sejenis seperti yang gw alamin. Saat-saat kosong yang biasanya gw lewatin dengan tawa sama dia, berubah jadi sebuah mimpi buruk. Gw ngga bisa lupain gimana ekspresi mukanya yang memandang lurus ke gw, kata-kata datar yang dia ucapin sepenuh hati, dan rasa marah yang jelas-jelas terpancar dari mukanya membuat gw takut. Suasana langit mendung saat itu yang seharusnya sangat gw suka, untuk pertama kalinya dalam hidup, gw benci.. dan rasa mual perut gw yang sangat amat ga tertahankan saat gw menyadari sesuatu..

“Gw.. Dibenci..”

Gw kabur dari tempat, gw muntah.. haha, konyol kan? Seorang laki-laki, dengan badan yang gede pula, muntah karena satu kalimat dengan tiga kata? Itulah, kejujuran bisa mengalahkan apapun. Kejujuran itu nyata, dan ga jarang yang namanya kenyataan itu nyakitin. Oops.. scratch that.. truth is ALWAYS painfull.. dan tentunya, itu masa lalu, itu gw yang dulu, yang menanggapi segala sesuatu masalah yang gw hadapi adalah alasan bagus untuk mengakhiri hidup gw, sekarang? Much better, gw ngga akan jatoh CUMA karena kehilangan seseorang, dan you know? Gw baru merasakan itu lagi kemaren, yeah.. dan gw? “ok, its me.. “

Setelah dikritik, gw Down.. dan inilah maksud status Y!M yang gw pasang.. gw tulis, ‘manusia ga selamanya berada dalam kondisi terbaik’. Sangat remeh, kan? Bukannya gw ga tau akan hal sepele macem itu, tapi gw punya prinsip yang mengatakan, “ga ada yang namanya degradasi semangat, lesu, pundung, atau kata-kata madesu lainnya”, itulah yang membuat gw semakin jatuh terprosok, ditambah oleh kata-kata beberapa orang yang—mungkin memang maksudnya ga seperti itu, tapi sayangnya.. gw menanggapinya lain.. dan gw? Makin jatoh.. gw ketampar prinsip, dijorokin lebih jatoh, dan di tonjok dengan kata-kata beberapa orang.. well..well.. bisakah lebih buruk dari ini? bisa?

Too much thinking..

I realized that long long time ago before the same person that give me an advice in the begining of this lecture told me that.. lama, dari gw SMP mungkin. Dan yeah, susah. Sangat susah untuk membiarkan sesuatu lewat begitu aja dari kepala gw, paling ngga, gw mesti mencerna apa-apa aja yang lewat itu 2-3 kali.. calon botak umur 30an deh gw.. dan ada berapa orangkah yang sudah berbaik hati berkata ke gw, “jangan terlalu mikirin hidup, santai aja bung”, Oh.. oh.. at least.. ten people I guess.. di SMP, SMA, dan yang baru-baru ini di kampus, yea.. baru aja masuk kuliah, udah ada orang yang capek ngeliat seberapa seriusnya gw.. Woo? Buat ente-ente pada yang kenal gw lewat NW (NetWorld), mungkin bakalan ketawa gegulingan dan ngetik emoticon =)) x 10. tapi itu faktanya, gw sama sekali tidak rileksan orangnya di RW (RealWorld). Orang yang duduk deket gw pasti capek, pasti..

Oke, kayanya udah sampe di pertengahan nih, *dibacok..* yeah, seperti yang gw tulis diatas, entry kali ini adalah full keluh kesah gw, FULL. So? If you wanna stay? Just sit tight and read this bullshit (tokai banteng). The next one I wanna told here is, my lovely bloody marry creepy nasty stinky icy juicy family.. yeap, keluarga disfungsional gw. Yeah, mereka cerai, dan oh! Tau bagian terbaiknya dimana? Mereka cerai bulan febuari, tapi gw baru dikasih taunya bulan JUNI? Hanoman makan pisang goreng? Kaga usah kasi tau aja gw sekalian nyong.. ada beberapa orang yang tau ini, dan salah satu tanggapan menarik dateng ke gw, she said, “mungkin itu yang terbaik”, Muke jombi, iye, terbaik buat mereka, Besudd, ngga terbaik buat adek-adek gw.. ngaco dah lu, yeap, sekarag ade-ade gw kehilangan figur bapak dan gw—yang emang udah menjalankan peran itu selama lebih dari 6 bulan (bapak entah dimana rimbanya, udah jadi tarsan pak? Bawa kangkung hutan ye kalo balik). Dan yeah, terima kasih advice yang kau berikan disaat saya jatoh itu. kenapa kaga suruh gw loncat ke kandang buaya aje? Sok atuh.. hahaks..

Senin 8 september 2008

*Lirik tulisan madesu diatas.. * hmm.. ternyata parah juga ye gw kemaren-kemaren? Yah, I’m just the Weakling, gw mau kok bangkit dan selalu berpikiran positif, tapi ternyata, dan sekali lagi, gw dikalahkan pikiran gw sendiri. Yeah, masalah itu cuma berasal dari pikiran kan? Tidak nyata dan sangat metafisik sekale, tinggal gimana si manusianya itu berkutat dan coba menaklukan pikirannya, bukan sebaliknya—seperti saya tiga hari kebelakang.. *ngaku lo?* yeah… gw ngaku. Gw gatot (gagal total) me-manage perasaan gw. Kontrol emosi, gw melupakan apa yang gw tulis sendiri dong? Bego ah..

Ehm.. oke, dalam tiga hari ini, dengan sebegitu numpuknya masalah, hanya beberapa aja yang mencapai tahap konklusif terselesaikan, beberapa malah selesai dengan setengah-setengah. Tapi, justru sebagian besar masalah itu malah ngegantung aja, tanpa ada niatan dari gw untuk menyelesaikannya.. so? Kenapa gw bisa membaik gini? Yeah, gw sekarang ngetik dengan bibir melengkung yang bahasa laennya, nyengir. Kenapa bisa gitu? Jawabannya bisa diliat diatas. Poin kedua, “masalah bisa diselesaikan seiring dengan berjalannya waktu”, sekarang, gw dalam keadaan normal akan mementahkan teori itu, mangap ye dude. Masalah jelas membaik, badan fisik kita udah melupakan kejadian-kejadian jelek itu semua, tapi beibeh? Taukah kalo masalah-masalah itu berakhir mengendap jauuuh dibawah alam sadar kamu? Seperti toksin, yang mengendap lamaa dalem tubuh, baru keliatan impactnya. Sama seperti ini juga, simpen, simpen, dan simpen, ngga kerasa, berasa ngga ada ngaruhnya. Tapi pernahkah kamu merasakan sedih tiba-tiba? Tiba-tiba nangis gitu aja? Ga ada angin ga ada gledek, tau-tau pipi udah basah? Yeah.. itulah salah satu sebab ringannya. Dan itu sa-ma se-ka-li ng-ga ba-gus.. solve it, however you do it, SOLVE is the only way maimen.. jangan kabur.. err.. gw juga berusaha lho..walaupun yang ditulisnya bertentangan *lirik-lirik lagi tulisan yang diatas*, USAHA.. Wo.. Hoo.. dan buat beberapa orang yang merasa telah disebut di entry ini, berbanggalah.. *dilempar kapal pesiar..*

FIN