Skinpress Demo Rss

Review singkat Palapa

Filed Under (, ) by Pitiful Kuro on Friday, November 28, 2008

Posted at : 7:15 PM

Well, mumpung ngga ada kerjaan dan waktu luang gue yang cukup banyak, *pura-pura ngga ngeliat tumpukan tugas makalah individu* gue mau membuat profil singkat tentang cowo-cowo psikologi UPI angkatan 2008 (palapa). Eit? Kenapa cowonya doang? Pertanyaan yang sangat mudah untuk dijawab, kawan : Cowonya Cuma 14!!! Kalo gue harus membuat profil cewenya juga yang berjumlah lebih dari 60 ekor, keburu lulus duluan gue nanti. Btw, ide untuk membuat profil angkatan ini murni gue ambil dari Blognya Atalya, silahkan berkunjung kalau ada waktu, kalau ngga ya ga usah *dislepet kibor*. Enjoy

Pengantar

Psikologi UPI 2008 (selanjutnya disingkat palapa—psikologi angkatan 2008—nama yang gue saranin buat nama angkatan :D) terlaknat yang marupakan angkatan ke-5 dari deretan-deretan calon psikologi bertampang suram-suram. Dari 82 ekor mahasiswa baru atau 84? Lupa gue, masa bodo ah, yang berjenis kelamin laki-laki cuma ada 14 biji, euh, 60 : 14, atau 4 : 1.. yap, berasa di sarang nenek sihir bidadari deh pokoknya. Dan gobloknya, gue sama sekali ngga mengindahkan peringatan bude-bude gue dulu yang bunyinya, “lah, masuk psikologi? Kan kebanyakan cewe semua?” katanya gitu. Gue tau, tapi ngga pernah membayangkan sebegini ngejomplang porsinya, apalagi pas pertama kali dateng saat satu angkatan ngumpul semua, adieuh.. shock. Dan dari 14 anak itupun masih dipecah menjadi dua kelas, A dan B, yang masing-masing kelasnya mendapar jatah cowo 7 orang. Dan yang cukup disayangkannya lagi, jadwal kuliah 2 kelas ini selalu bergantian, jadi kelas A sangat jarang interaksi dengan B, dan sebaliknya. Okelah, cukup basa-basinya, here they are.

Gerrysa, anak kelas A yang lebih sering dipanggil Icha oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab. Angkatan 2007. Jangan liat fotonya yang keliatan emotionless, orangnya sangat ekspresif sekali. Berikan sedikit stimulus, maka dia akan memberikan respon sebesar-besarnya =)), bayangin, waktu lagi ada ceramah di mesjid, ni orang malah jejeritan yang suaranya bisa ngebuat budeg kuda nil cuma karena kaget! Orangnya cukup mementingkan untung-rugi dan disaat dia udah aman, maka udah sebodo kodok sama orang laen, euh, inilah yang gue sebel dari dia. Paling doyan diskusi soal yang bau-bau agama, dan diberikan predikat orang-yang-kaga-bakal-ditunjuk-untuk-nanya-kalo-lagi-ada-diskusi saking nggak pentingnya berputar-putarnya pertanyaan dia. Piss bro. merupakan salah satu dari dynamic duo diskusi bersama dengan Hadian.

Agung, wakil ketua kelas B, kesan fisik pertama yang dapet dari dia : punggungnya bagus, lebar, keren dah pokoknya. Dan ketawanya, euh, tau kan? Tipe-tipe orang yang bisa ngebuat kita ketawa hanya dengan ngeliat seseorang ketawa? Naah, dia ini salah atunya, ketawa lucu dan menyenangkan, gue suka ngga berenti ngakak sebelum dia berenti =)). Tipikal orang yang suka bertukar pikiran, dan lagi dalam perjalanannya dalam mencari ‘sesuatu’, ihiy, pasti dateng kok gung, pasti *ketip*. Pernah juga ada kesalahpahaman antara gue sama dia yang ngebuat gue ngakak gegulingan—bebantalan—bolak-balik saat tau titik permasalahannya, sorry mate, my bad. =)). Salah satu dari trio ‘ehem-ehem’ yang suka ngomongin *beep* dan *beep* bersama Recky dan Dani. Doyan picture editing, lupa nama softwarenya, yang pasti bukan software yang umum digunain, hasil editannya pun keren-keren, suatu saat mungkin gue akan minta dia buat bikin siggy si Fuma =)).

Recky, nama yang seharusnya keren berubah jadi reki karena lidah orang bandung yang memang udah dari sananya kaya gitu. Satu-satunya, saya ingatkan, kawan, satu-satunya cowo di kelas A yang bisa dibilang ‘doyan’ ngebaur sama cewe. Dari 7 orang cowo di kelas A, cuma dia sendiri yang duduknya selalu berdekatan sama cewe dan kepisah dari kerumunan cowo lainnya (kecuali gue yang emang selalu manteng didepan tentunya). Tipe-tipe AGB (anak gaul bandung). Sangat sering berprofesi sampingan sebagai tukang ojek saat bubaran kuliah, duh, baeknya..dan gue pernah beberapa kali memakai jasa ojeknya waktu gue masih tinggal di rumah tumpangan. Dan gue penasaran berapa banyak ‘temannya’, soalnya setiap diskusi dan dia mau bertanya, dia pasti mengawali dengan kata, “eehm.. begini yah, kata temen saya.. “, atau, “temen saya pernah bilang..” see? Menunjukkan dia sangat gaul sekali bukan? Bisa dibilang dia Leader dari trio ‘ehem-ehem’ yang beranggotakan Agung n Dani.

Hadian, dan hanya Hadian (irit nama). Salah satu tetua di kelas A yang dipanggil dengan sebutan “kang” karena dia murid pindahan dari bahasa Jerman, alasan kepindahannya saat ditanya : “minat dan bakat”. Walaupun gue ngga begitu mengerti maksudnya, tapi yasudahlah, lanjut. Penanya yang cukup aktif saat diskusi, dynamic duo bersama Gerrysa. Dan kayanya sangat tertarik untuk bergelung dalam kegiatan angkatan. Nafsu makannya cukup luar biasa, gue kaget ngeliat porsi makan dia yang nyaris dua kalinya porsi makan gue saat ada kesempatan makan bareng, tapi ajaibnya badannya tetep segitu-segitu aje.. ck ck..punya bisnis jualan pulsa, cuman saat gue butuhnya dan saat ketemunya ngga pernah pas, sedangkan gue paling anti ngutang, ya jadinya ngga pernah beli dari dia deh.

Aegham, jangan tertipu tampang imutnya dan badannya yang kecil, dia angkatan 2006 cuy. Menganggur dua tahun untuk dapat masuk FSRD ITB dan sampai sekarangpun masih belum kehilangan minat untuk mencoba *salut*. Ngga suka dengan kegiatan sia-sia macem Ospek, bahkan ospek jurusan pun kaga pernah dateng. Kehidupan asmaranya penuh lika-liku dan tikungan-tikungan tajem, alesannya.. *dibekep* ehem.. hayo, ada yang minat, sok atuh? Rekan sehati gue kalo lagi ngobrolin soal musik-musikan, penikmat Britpop dan hard rock. Tapi sayangnya membenci rock-rock jadoel yang jadi paporit gue T_T. Tulisannya bagus, catetannya rapih, aneh! Padahal di kelas dia doyan banget ngegambar, tapi bisa aje nyatet lengkap gitu. Cukup berepengalaman di hardware komputer, tapi anehnya dia ngga begitu tertarik sama dunia per-inetan, jah. Di kelas, selalu menjadi penghuni sayap kanan (pojokan deket jendela). Dan satu hal lagi yang cukup lucu dari dia, dia selalu membuat catatan terlebih dulu kalau mau bertanya dalam diskusi =)), selalu! Katanya sih biar ngga lupa di tengah jalan, atau terbata-bata karena grogi. Nice. Dan jawaban dia saat lagi membahas "Anak cewe mana yang paling menarik perhatian elo di palapa?" dan jawabannya membuat gue.. shock, ada yang merasa ge er? Anyone? =))

Marwan maimen, ketua kelas B, sering dibilang ikal (laskar pelangi), karena mayan mirip sama yang jadi ikal disana. Rekan tandang-menandang gue hampir tiap malem disaat gue bosen. Maksudnya, karena kosan gue dan dia deket, gue sering maen ke kosan dia untuk sekedar ngobrol, nyahaha.. Miris, badannya kurus kaya anak Ethiopia, selalu gue wanti-wanti untuk makan lebih banyak dari biasanya. Dan, asli lombok euy, logat ngomongnya bener-bener khas lombok, nggak jarang gue ketawa karena cara ngomongnya. Yang hebat dari anak ini, meskipun dateng dari pedalaman *digatak*, dia bisa nyesuain diri dengan baik, bahkan lebih sering nonton di 21 daripada gue *yaeyalaah, emang gue kaga doyaan*. Polos deh, khas pedalaman. Udah punya pacar yang dia tinggal di Lombok =)), euh, cakep euy pacarnya. Langgeng yee. Demen baca buku juga, kebanyakan sci-fi. Tadinya dah mau masuk IH, tapi batal, katanya ngga bisa regis, auh, sayang sekali nak.

Ilham, lebih sering dipanggil Emjeh (nama lengkapnya Ilham M. J). kedudukannya ngga jelas, walopun dia di kelas B, tapi namanya sering nongol di daftar absen kelas A *lho?*, mdah-mdahan ngga ada masalah ye nje. Bassist yang lagi nyari drummer untuk bandnya. Dandanannya cukup mencocol mata, ngga jarang ditemukan memakai jaket berwarna ungu terang, atau topi yang bentuknya unik, cool. Tipe-tipe orang yang baek ama temen, tapi jadi pembunuh berantai kalo ketemu musuh =)), gue pernah jadi korbannya waktu salah paham sama si Agung nih T_T, kontrol emosi nje, kontrol emosi =)). Oh iya, bisa dibilang partnernya si Agung kalo ngobrol. Dan beberapa waktu yang lalu kalo ngga salah sempet liburan ke Jepun, huooh, kepengen sayah. Tapi kaga bilang-bilang.. buuuh padahal pan saya pengen nitip macem-macem

Dani, anak Jakarta! Haha, gue kira gue bakalan sendirian disini, ehh, ternyata ada juga rekan sekampung halaman, nyahaha. Pola pikirnya yang cukup absurd masih ngebuat gue bingung ampe sekarang, STMJ cuy, khu khu.. define it. Terkenal di kelas A karena volume suaranya yang berkelas dolby digital pro logic, Anjrot, dia ngomong pelan aja satu kelas udah bisa denger, apalagi teriak? Retak ntar kaca kelasnya. Selalu jadi penganggu ketika ada diskusi, yaaa.. yang namanya diskusi kan biasanya kita ngobrol-ngobrol dikit sama orang sebelah untuk nyari jawaban or what, dan suaranya yang gedhe poll inilah yang jadi pengganggunya, nyahaha. Pemasok barang terlarang di ‘trio ehem-ehem’ lewat hapenya, tobat nak, tobat. Kayanya juga udah punya pacar, tapi di Jakarta.

Arsi, si dasamuka dua muka. Ups, bukan dua muka yang munafik atau apaan. Tapi memang bermuka dua! *digilestraktoraspal* ehem.. maksud gue, dia bener-bener menunjukan sifat yang berbeda disaat yang berbeda, disaat lagi diskusi atau pelajaran, seriusnya bukan mampus, serius benjret, kaya business man yang selalu ngomong di pilem-pilem mapia “this is business..” lengkap dengan lirikan tajam kesamping dan mulut yang sedatar penggarisan besi. Tapi disaat lain, disaat yang bukan kuliah, jaaah, cengengesan *dilemparmasukjurang*. Pokoknya jadi demen becanda dan demen ketawa, lah. Singkatnya orang yang sangat tau situasi dan kondisi. Seorang forumer (kaskus) dan doyan inet serta jejepangan, sayangnya beda divisi sama gue jadi ngga banyak ngobrol soal hobi ntu. Mengklaim dirinya sebagai otaku, aduh, lo mesti baca dulu artikel gue baru lo bisa bilang itu *promosi muampus*. Diluar kelas, hampir dipastikan ada earphone yang menggantung di kupingnya =))

Randy, woo.. ngga banyak yang bisa gue review soal cowo satu ini, abis jarang ngobrol sih =)). Anak kelas B mantan mahasiswa telkom yang ikut SPMB lagi dan masuk UPI. Gondrong, Dandanannya mengingatkan gue akan Mick Jagger, tau kan? Celana jeans, jaket sepinggang, dan rambut gondrong, bedeeh, tinggal kasih Mic deh. Tampak sangat veteran dalam dunia perwanitaan *halah*. Tapi denger-denger dia mau ikut SPMB lagi taun depan, adoh, sini aja daah.

Defri, Jreng.. cowo terbesar seangkatan, grasa grusu dan suka ngga sadar kalo badannya gede. Ngga jarang cowo maupun cewe yang berada dalam jalur serangnya terpental jauh tertabrak sama orang yang satu ini. Orang yang selalu dengan ajaibnya nyaris tidak pernah mencatat apa-apa yang dikatakan dosen dan malah asyik ngegambar, sadar dep, sadar. Dan ujungnya, ngga jarang yang duduk disebelahnya pas ujian/kuis jadi sasaran satronan matanya, euh, jangan dong.. satu lagi, gue ngga pernah mengerti selera humornya.. uhu, beda zaman kali ye? Mengklaim dirinya sebagai psikopat, namun gue lebih yakin dia yang jadi sasaran empuk psikopat, dagingnya banyak, sekali potong bisa jadi stok setaun *digampar*.

Erick, bah, ngeliat mukanya aja gue udah mau nyanyi moving mountain. Ho oh, sering dimirip-miripin sama Usher walaupun yang mirip cuma warna kulitnya doang *dibuangkelautmati* sayang ngga banyak yang bisa gue review tentang elo maimen, kita jarang bersua. Anaknya agak pendiem dan cukup alergi sama kamera henpon, tapi pas di foto studio? Bedeeeh, udah kaya artis beneran dah. Foto studionya menyusul ;;)

Henriko, naaah, buat yang suka dorama jepang, mungkin bakalan sadar anak kelas B ini mirip ama siapa. Ada yang bisa nebak? Matsumoto Jun! di palapa pun gue yang pertama kali bilang ke anak-anak jejepangan yang lain, pertama ke Erfi yang ternyata langsung menyetujui pendapat gue, bwakaka. Anak Belitong euy, asli! Sempet tertarik nanya-nanya karena gue penggemar Novel (ingat! Novel!) Laskar pelangi, gue excited bertanya trivia-trivia seputar belitong yang ternyata sekarang udah cukup maju. Anaknya kalem, tapi selalu mempersiapkan tampang se-oke mungkin kalo difoto =)) dan kayanya ngajinya jago. Dia satu-satunya anak cowo palapa yang mendapat nilai TM (tingkat mahir) di tes baca quran, mantap-mantap.

Douglas, euh, lagi-lagi, gue ngga tau banyak tentang anak yang satu ini. Dari si Marwan, gue cuma tau dia adalah penggemar buku-buku yang ternyata range-nya sama kaya gue, sci-fi atau sesuatu yang berbau-bau sastra kontemporer mungkin. Adoh, kita mesti banyak ngobrol nih.. =))

Gugun, salah satu tetua di palapa juga, pindahan dari biologi 2006, maka, saat diskusi dalam mata kuliah biopsikologi, oom yang satu ini paling aktif bertanya, dari yang simpel selesai dalam satu pertanyaan, sampe pertanyaan panjang lebar berujung pangkal berjarak lebih dari 1000km *lebabo (lebaygajebo)*. Di mata kuliah lain juga sama aktifnya, dan dapat dipastikan ngga akan bertanya kalo emang ngga ada yang bener-bener mengganggu pikirannya, rajin, pastinya. Diduga mendapat hasil statistik deskriptif terbaik di cowo-cowo palapa, ihiy. Kosannya deket sama kosan gue juga, cuma karena dia share sama orang laen, rada males juga gue bertandang ke kosannya. Uhu uhu..

Last and definitely the least, nyahaha, gue sendiri, ketua kelas A yang selalu berada di garis paling depan pojok kanan, berusaha membuka otak selebar mungkin saat dosen berkoar-koar di depan dan sangat membenci ada interupsi-interupsi tidak sabaran saat diskusi berlangsung. Dan pastinya, tipe orang yang lebih suka mikir lebih dulu sebelum menanyakan sesuatu dalam forum diskusi, kalau udah kejawab ya ngapain nanya toh? Nilai? Ohoho.. gue ngga berorientasi pada nilai, penting, tapi masa bodo, haha. Dianggap memiliki kepribadian ganda, karena di satu saat gue bisa membaur dengan anak-anak yang lain, tapi disaat lain gue malah mojok sendirian di tengah ujan tanpa alasan jelas satupun, autis (kata yang laen loh).

Itulah ke-14 mahasiswa cowo palapa (+2 pindahan) dengan segala kelebihan dan kekurangannya, masih terpecah-pecah dan belum menunjukkan taring kesolidan yang mencengkram jurusan psikologi UPI ini, tapi hope someday we will rock! We will!! Nyahaha.. btw, untuk penggunaan bahasa yang ngga enak di post ini, mohon dimaafkan yaak..

gambar.. dan deskripsi tambahannya menyusul.. :D, terutama buat Douglas, bukannya gue ngga cinta nih, tapi emang gambarnya yang susah.. nyahahaha