Skinpress Demo Rss

Disaat nasi sudah menjadi bubur

Filed Under ( ) by Pitiful Kuro on Tuesday, November 25, 2008

Posted at : 1:04 AM

Yeah, good news buat gue, sekarang kosan gue udah bertambah beberapa item yang pastinya ngebuat kosan yang memang ngga luas ini tambah sempit-nelangsa.. haha, dan item itu adalah.. lemari, dan computer. Yeap, gue sangat tertolong dengan lemari ini, bayangin, biasanya gue naro baju gue geletakin gitu aja di lantai, bayangkan betapa berantakannya kamar gue (yah, sekarang juga sih). Dan komputer, aih.. item idaman gue sejak jaman orang masak pake batu, sejak gue masih ada di Jakarta sampai gue merantau ke bandung, baru kesampean sekarang, selain dikarenakan orang yang mau ngasihnya kabur, emang susah juga buat dipenuhin sih.. cekak euy.

Dan mudah-mudahan gue mau masang koneksi juga, trims to Rere, karena memberitahukan gue sebuah paket provider yang masih bisa gue jangkau (walaupun mengorbankan jatah makan gue beberapa hari, haha, kaga ding), Indosat Im2, provider internet dengan basis prabayar, ck.. pas deh buat orang yang keuangannya ngga pernah tetap kaya gue. Bisa inetan unlimited dengan 100k selama sebulan penuh, yeah, besok gue mau ke grapari indosat terdekat buat ngurusnya. Tapi paket pascabayar matrix kayanya juga oke, ew.. ngga kayanya, ntar gue kejebak pulsa-yang-seolah-unlimited-padahal-tagihan-di-akhir-bulan-nyekek-leher kaya Rere, wakaka..damai re, damai. Dan juga, berkat kiriman pc suite dari si Tika, Zilch akhirnya bisa beroprasi dengan maksimal, udah bisa digunakan as modem, sip2..

Oh ya, sedikit berbagi pengalaman deh. Beberapa orang mungkin udah tau, tapi ngga ada salahnya gue menuliskan ini sebagai refrensi buat orang lain toh. Oke, semuanya dimulai di siang yang cukup panas lima bulan yang lalu, bulan juli tepatnya dan tanggal berapanya gue lupa. Saat itu lagi gencar-gencarnya gue melakukan hobi baru terasik yang pernah gue lakuin : bersepeda. Hampir tiap hari, tiap saat gue mengendarai kendaraan roda dua paling bonafide di mata gue waktu itu. Mantap. Sekolah, daerah menteng, monas, ancol, mangga dua, pasar baru, semuanya gue libas abis gue lewatin. Fly over gue tanjak demi meluncur kenceng di sisi lainnya, pokoknya kalau digambarin hubungan gue dengan si sepeda ini, bisa diwakilkan dengan kata,Addict.

Semua oke, sampai suatu saat, sore, gue akan pulang kerumah setelah cukup lelah berkeliling kawasan cempaka putih, dan di galur, dengan jalan yang cukup lebar, setara dengan jalan protocol otomatis membuat mobil-mobil yang lewat disana memacu kendaraan sekenceng mungkin, dan gue, sebagai pengendara sepeda yang punya keterbatasan kecepatan, harus bener-bener hati-hati nyebrangnya. Dan yah, gue nyebrang, bolak-balik liat belakang memastikan semuanya oke, aman biar gue bisa nyebrang dengan selamat, ternyata, trotoar/pembatas jalan adalah hal kedua yang paling berbahaya setelah kendaraan lain di jalan raya. Tepat kawan, karena terlalu lama melihat kebelakang, dan gue dalam kecepatan yang ngga memungkinkan untuk berkelit, jadilah gue menyerempet pembatas antara jalanan umum dan busway yang mengakibatkan, gue, sang empunya sepeda terjungkal beberapa meter mencium aspal, sedap.

Gue bangun, dengan hampir seluruh badan remuk redam plus lecet, gue mencoba mengangkat sepeda gue kembali. Dan ternyata gue ngga cuma mendapatkan lecet di muka dan beberapa anggota badan aja. Satu hari berselang, gue mulai sadar ada yang aneh sama kaki kiri dan tangan kanan gue. Saat itu, gue ngga terlalu fokus sama sakit di kaki kiri, karena disana ada luka luar, jadi gue piker itu cuma berdarah biasa aja, tapi ternyata.. nanti dibahas, gue lebih fokus sama tangan kanan gue ini, bener-bener sakit mampus, ngga bisa megang apapun, dan maksud gue dari kata ‘apapun’ adalah.. apapun..dan yah, setelah gue mengamati bener-bener pada hari ketiga, ternyata ada perbedaan antara pergelangan tangan kanan (yang sakit), dengan yang kiri. Yang kanan bentuknya lebih aneh, gue langsung menarik kesimpulan, dislokasi sendi.

Malemnya gue langsung ke tukang urut, dan uwaiah.. ngga ada bengkak, ngga ada luka luar tapi pijetannya ajib, no komen dah.. setelah selesai, sejujurnya ngga ada perubahan berarti dengan pergelangan tangan kanan gue, sampe sekarang gue ngetik inipun masih kerasa sakitnya, doh. Lalu, melompat beberapa bulan kedepan, September, September awal tepatnya, gue udah pindah ke bandung, dan bersiap untuk masuk kuliah yang diawali sama ospek. Luka di kaki kiri gue udah menutup sempurna, cuma menyisakan sebuah tonjolan kecil aja di bekas lukanya, awalnya gue piker ngga masalah, tapi semakin gue beraktifitas yang cukup berat, rasa sakit di kaki kiri ini mulai agak mengganggu, gue sama sekali ngga pernah menyambungkan rasa sakit itu dengan kecelakaan beberapa bulan yang lalu, sampai di suatu titik, sehabis gue pulang mendaftarkan ulang, kaki gue bener-bener sakit parah dan gue mulai menyimpulkan ada yang ngga beres setelah kejadian itu dengan kaki gue, ngga ketahan lagi dan akhirnya gue mengontak si Ibu, anehnya, yang panik malah si bude, lhaa,, dan gue dipaksa untuk meriksa ke RS Carolus, dan jadilah.

Hari pemeriksaan pertama, si dokter meriksa kaki gue bersama para mahasiswa kedokteran, menjelaskan dan mencoba menganalisis apa-apa aja yang mungkin terjadi dengan kaki gue ini, doh, kalo tau gue bakal diliatin sama mahasiswi yang cakep-cakep kan gue bisa rapihan lagi *kidding*. Si Dokter mukanya rada heran setelah memegang bagian yang pernah luka itu, dan ada dialog yang kurang lebih berlangsung seperti ini,
Dokter : hmm.. kalau dibeginikan sakit? *sambil meneken-neken bekas luka*
Gue : Emm.. Lumayan *sok cool, diliatin mahasiswi, kalo meringis ntar kerennya ilang*
Dokter : Yah, dugaan saya, tendon kamu terluka, kena pedal sepeda ya?
Gue : Eh? Luka? Parah ngga dok?
Dokter : Ngga kok, tapi di USG aja biar lebih pasti, pokoknya kamu jangan aktifitas yang berat dulu
Gue : Lah, kemarin saya abis ospek dok..
Dokter : *diem sesaat* *hening*…Lari?...
Gue : I..iya..
Dokter : KAMU LARI DENGAN KAKI BEGINI?
Gue : euh..
*mahasiswa kedokteran cekikikan*

Iyah, seharusnya, gue merasakan sakit yang amat sangat ketika gue memaksakan kaki gue untuk lari, ataupun naik tangga, tapi yah, entah emang dari kecil gue sangat terbiasa sama rasa sakit, jadinya rasa sakit di kaki itu cuma angin lalu buat gue, lah.. tukak lambung aja tahan, wakakaka.. dan karena hari itu bagian USGnya tutup, gue diharuskan datang lagi kesana minggu depan, doh, pemborosan. Datang, di USG, lagi-lagi saat pemeriksaan USGnya dikelilingin sama mahasiswa kedokteran, aih. Cukup menyenangkan pemeriksaannya, menggunakan gel dingin dan alat semacem pemindai harga di kasir departemen store, kaki gue diperiksa.

Setelah keluar hasil, kembali ke dokter tadi, diperiksa hasil USGnya dan diambil kesimpulan bahwa.. tendon gue sobek, bukan sekedar luka, tapi sobek, sepanjang 1cm sekian. Jah, dan saat gue tanya lagi kedokternya parah apa ngga, eh, si dokter malah ngejawab ‘parah’, dasar kaga konsisten sama omongan, haha.. katanya, sedikit tekanan yang berat di kaki kiri, tepatnya tendon Achilles gue ini bisa menyebabkan si tendon ini putus, dan kalau udah putus, akan susah lagi untuk normalnya, yah.. opsi ada dua, oprasi, memakan biaya sekitar 10jt yang jelas gue tampik mentah-mentah opsi ini, dan opsi kedua yang bisa dibilang mengambil resiko, yaitu membiarkan keadaan tendon tetap begitu aja, mengandalkan kemampuan tubuh untuk memperbaiki jaringan yang rusak itu dengan sendirinya, tapi ya jelas beresiko, dengan tekanan sedikit, mungkin aja tendon gue ini bisa putus, dan jelas, perlu waktu yang sangat lama untuk bisa pulih dengan mengandalkan kemampuan regenerasi aja. Tapi gue ambil opsi itu, karena opsi yang pertama sangat ngga mungkin gue ambil, walaupun si Ibu maksa-maksa, dan bilang ‘uangnya akan diusahain dikumpul’, gue tetep ga mau, cukup gue rasa gue merepotkan si Ibu, haha... semoga bisa sembuh.

Dan, karena sobeknya tendon gue ini yang mengakibatkan gue harus mengurangi aktifitas sebanyak mungkin, maka gue dengan berat hati membuang semua UKM yang rencananya akan gue masuki, Mahacita (pencinta alam), dan Judo, yah.. daripada cacat, eh? Udah termasuk cacat ya gue? Haha.. dan hal lain lagi? Oh ya, gue sekarang dalam masa pemulihan kondisi badan guee lagi dengan metode ultra recovery, ultra recovery itu semacem metode latihan otot yang memaksa otot sampe batas maksimal—sampai otot bener-bener kelelahan—lalu mengambil waktu istirahat, menunggu sampai ototnya pulih kembali baru melakukan latihan lagi dan terus berulang. Seperti yang gue bilang diatas, kaki gue ngga bisa dibawa kegiatan yang berat-berat, sementara gue doyannya olahraga lari, yaudin, gue kembali ke metode pas gue 1 SMA dah, push up, sit up, back up sampe otot gue sakit semua, berhenti tiga hari dan ulang lagi dari awal. Buat apa? Egile, ini gue 2 bulan ngga olahraga apa-apaan aja udah melempem badan guee, kalo ngga olahraga lagi, bakal jadi rumput laut gue ntar, melambai-lambai, *halah*