Skinpress Demo Rss

Yang engga enak pun kadang berasa enak

Filed Under ( ) by Pitiful Kuro on Tuesday, April 28, 2009

Posted at : 12:37 AM

Stop merokok? Itu ngga ada di dalam agenda gue saat gue mulai menghisap benda yang dicap laknat sama sebagian populasi manusia itu. Selama ini gue berprinsip bahwa apapun yang gue anggep nyaman, mau senegatif apapun bentuknya, akan terus gue lakuin sampe akhirnya gue membentur batas yang ngga bisa lagi membuat gue maju selangkahpun, barulah gue berhenti ataupun mengubah bentuknya menjadi lebih ramah bersahabat.

Tapi nyatanya, sekarang gue lagi dalam masa berhenti ngerokok loh.

Alasannya? Sederhana aja, ada yang menyarankan gue untuk berhenti, semudah itu? Emm.. mungkin. Karena gue selektif dalam mendengarkan apa yang orang ucapkan. Andaikan dia bukan orang yang gue percaya, andaikan dia bukan orang yang bisa gue pandang tinggi, andaikan dia bukan orang yang bisa gue hormati dan membuat gue membungkuk serendah lutut, jangan harap gue mau dengerin apa kata orang itu. Well? Sebenernya engga sedikit kok orang yang mau gue dengerin ucapannya, hanya aja, didalam kondisi tertentu, orang-orang macam ini akan menyusut dengan drastis dan mengesankan gue adalah orang yang paling kepala batu se Indonesia, nope-nope.

Awalnya gue kira berhenti ngerokok itu mudah-mudah aja. Tinggal engga beli rokok, dan alihkan ke kegiatan oral yang lain—makan permen misal—maka semua beres. Tadinya gue pikir begitu, tapi kenyataannya beda tuh. Entah berapa kali gue gregetan pengen beli rokok dalam masa berenti ini. Phew, untuk pengalihan, gue bisa ngabisin sebungkus gede permen dalam satu hari, ngemut setiap gue sempet. Padahal bapak-ibu dua-duanya diabetes, haha, tinggal nunggu waktu aja kayanya. Sebenernya ngga ada efek samping yang lebay-lebay amat dari berenti ngerokok, hanya aja, rasanya jadi kangen ngisep benda yang satu itu, rasanya ada yang kurang, itu aja. Engga ada efek samping serem kaya pusing-pusing, mual, atau lainnya. Jadi sejauh ini sih masih lancar-lancar aja berentinya, belum bocor satu batang pun walau gregetannya bener-bener mantap, hehe.

Hal lain. Minggu ini gue pulang lagi. Hanya berjarak dua minggu dari kepulangan gue sebelumnya. Heck. Andaikan musibah itu engga dateng, dan orang yang paling ngga ingin ibu gue temui ngga dateng ke rumah, gue engga akan pulang deh. Di jakarta pun gue hanya sehari, malamnya dateng, besok sorenya udah pulang lagi. Wew, pemborosan uang, waktu dan tenaga ya? Tapi, gue mendapatkan hal baru lagi di kepulangan gue ke Bandung pas hari Jum’atnya.

Stranger’s Talk.

Another people, another experience and another qualification. This time, i met a guy who finished his test to work for a sailor. Ehek, seorang laki-laki, umurnya 29 pas, punya satu istri dan satu anak. Dan baru aja pulang dari kedutaan besar amerika untuk mengurus Visa. Visa kerja katanya.

Obrolan dimulai dengan.. oh meen, the Biggest temptation i ever had *lebay*, apaan itu? Tawaran rokok! Haha, tepat disaat gue lagi pengin nginyem filter rokok dan menyumbang satu-dua ons karbondioksida untuk para tumbuhan teraniaya itu. Awalnya si lelaki nyaris kepala tiga itu nanya ke gue, standar lah, “ada korek ga?” yang tentu gue jawab, “engga ada” karena udah stop rokok. Dia pergi ke gerbong sebelah, dan balik lagi ke gue dengan rokok yang udah menyala, disinilah gue ditawarin Marlboro merah yang emang sangat ingin gue cobain dari dulu, muahaha. Gue tolak dengan halus, dan pembicaraan pun dimulai.

Awalnya dia nanya ke gue, pertanyaan standar macem “umur berapa?” “kuliah dimana” “tinggal di bandung dimana?”. Dan gue jawab dengan lancar. Lalu dia mulai ngeluhin gimana perekonomian di Indonesia sekarang ini lagi sulit-sulitnya.

“zaman sekarang, untuk berdiri aja susah mas”

(Uhuy, dipanggil mas, umur gue 19 pak, panggil dek dong *ketip*)

Itu quote dari dia yang paling gue inget. Emang sih, dia aja cuma lulusan SMA, kerja apa yang bisa memenuhi kebutuhan hidup dengan ijazah SMA? (dengan catatan, jenis pekerjaan konvensional). Sempet jadi pegawai honorer di kedokteran Unpad, tapi karena gajinya yang kecil dia berenti dan mulai ngebuka usaha bengkel sama beberapa tetangganya. Nah, setelah beberapa tahun bergelut di bidang bengkel-bengkelan, akhirnya dia dapet tawaran untuk kerja di perkapalan. Bersama beberapa kawan, dia mulai ngelamar. Dan yang bikin gue syok itu jenis pertanyaannya.

Pengetes (bule loh!) : Greeting
Si bapak : Greeting sir.
Pengetes : Please, have a sit! *sambil ngetik-ngetik hape buka FB*
Si Bapak : *duduk*
Pengetes : What’s your name? *masih buka-buka FB*
Si Bapak : Iman, sir.
Pengetes : Do you like music?
Si Bapak : Yes, sir
Pengetes : What kind of music?
Si Bapak : Rock sir!
Pengetes : Hmm..have any favourite band?
Si bapak : Yes, Coldplay sir *si bapak gahul juga ternyata*
Pengetes : So? Are you ready to work?
Si bapak : Yes sir!
Pengetes : OK, elo keren banget dah, sok atuh, minggu depan kesini lagi! (dalam bahasa Inggris tentunya)

...

*dueng dueng*

Gampang banget yak? Engga juga sih. Karena sebelum tahap wawancara ecekeble diatas, yang mau ikutnya harus ikut semacem pelatihan dulu. Pelatihannya juga enteng kok, Cuma berbentuk materi aja dan ngga ada permainan fisiknya. Gue pun nanya macem-macem, dan dia juga jawab dengan enteng. Katanya gaji awal kerja di perkapalan sebagai dishwasher itu 600 dollar. He eh, 600 dollar men, nyuci piring aja dapet 600 dollar! Konsekuensinya yaa, bakalan jarang pulang kerumah, dan katanya juga, itulah yang paling berat. Harus ninggalin anak istri, huhu, ati-ati pak disamber orang istrinya. *kidding*. Kalau beruntung dan kerjanya bagus, nanti akan naik pangkat jadi asissten waiter, dengan gaji 1200 dollar. Kampret duabelas, di Indonesia orang udah nguli mati-matian tapi dapetnya ngga sampe 20ribu sehari, nah ini cuma nganter minuman kanan-kiri gajinya 12 juta sebulan. Kontras yah?

Gitulah perbincangan 2-3 jam perjalanan Gambir-Bandung. Si bapak turun di cimahi, dan gue tetep nangkring didepan pintu kereta sampe di stasiun bandung. Kembali ke udara dingin yang biasanya, kembali ke kota yang bertanah selalu basah. Bandung.

**

Berapa lama gue mulai tinggal disini? Dari agustus 2008 sih kalo ga salah. Kurang lebih 9 bulan. Dan hebatnya, sembilan bulan itu memberi banyak hal yang bisa gue ambil sebagai bahan pelajaran. Memang, gue bilang kalau setahun ini terasa cepet, tapi di waktu yang singkat dan cepet itu, gue mendapatkan banyak hal. Sangat banyak hal.

Dari perubahan prinsip yang drastis, perubahan struktur emosi, perubahan dari segi sosial yang ngga kalah pentingnya, dan perubahan-perubahan lainnya termasuk managemen perasaan. 9 bulan ini gue udah terlalu banyak berubah, ah, tentu semua orang berubah, banyak sedikitnya ya tergantung diri masing-masing. Dan gue, yea, gue bener-bener udah berubah terlalu banyak semenjak gue lepas dari SMA tahun lalu. Katanya sih pencarian jati diri, para remaja berlomba-lomba mencari tahu siapa diri mereka sebenarnya, dihantui dengan bayangan akan menjadi apa mereka di masa depan. Akankah berguna, atau tidak bisa dibedakan dengan sampah organik calon pupuk kompos aja? Itulah esensi dari masa remaja, pencarian abstrak tanpa ujung yang tak pernah menyentuh kata puas. Pencarian itu hanya akan berhenti oleh waktu, decoy, sampai kita sendiri benar-benar lupa bahwa kita pernah menggebu-gebu mencari simbol dengan dua kata tersebut, jati diri.

Jati diri gue? Entah, abstrak kan? hanya aja, gue merasa menemukannya di SMA dulu. Gue yang diem, gue yang menunduk, gue yang malas senyum, gue yang males sosialisasi, gue yang males tarik urat, dan gue yang overskeptis dalam segala hal. For sure, masa itu engga ada enak-enaknya. Masa itu diisi benda yang namanya kekosongan. Gue merasa berdiri sendiri di dunia ini tanpa ada orang lain yang mau duduk di samping gue untuk sekedar menunggu malam datang, engga, bahkan bayangan gue pun udah lari entah kemana. Herannya, dengan segala minus bla-bla-bla itu, dengan segala ‘ke-engga-enakan’ masa itu, gue merasa sangat nyaman. Gue merasa aman walaupun didalam hati sedang membangun rasa ketakutan yang kian hari makin gede aja ukurannya. Gue bisa tersenyum kapanpun gue sendirian tanpa ada sebab musabab (gila?). terlebih, dulu gue punya cara pelarian yang engga efektif namun ampuh buat diri gue sendiri. Menyenangkan? Tidak. Puas? Mungkin.

Perbandingannya dengan sekarang? Mew, terlalu jauh. Sekarang gue bisa kumpul dengan banyak orang hanya dengan sedikit rasa engga enak, gue bisa nyengir—atau bahkan ketawa bareng sama orang lain, dan gue bahkan bisa melupakan beberapa hal yang seharusnya terus-menerus gue pikir. Buruk? Seharusnya engga, malah bagus kan? sebuah progresi dalam hidup harusnya dirayakan dengan bersulang, bukannya meratap. Oke, gue mengeluh, gue terlalu terbuka sekarang. Lalu apa? Pelan-pelan mengeraskan kulit seperti dulu lagi?

Kenapa engga?

Gue nyaman dengan itu. Dan.. Ngga ada orang yang mau capek-capek buat narik gue kaya dulu lagi sih..

0 comment: