Skinpress Demo Rss

Kenal Gak? dan Beberapa Soal Film.

Filed Under (, ) by Pitiful Kuro on Sunday, March 08, 2009

Posted at : 12:28 AM

Rasa ingin menulis memuncak miris, menggelitiki setiap relung sayap kanan otak sinis. Gak mau tau, ego harus dipuaskan. Yaho.

Oh iya, soal dunia kampus deh. Sejujurnya beda dari apa yang gue bayangkan sebelumnya soal kehidupan sebagai mahasiswa di kampus. Testimoni serta persepsi yang gue terima saat gue SMA tentang kampus itu lumayan beda dari yang sekarang gue rasain langsung. Kalo dulu, orang-orang pada bilang kalau segala yang berhubungan sama kampus itu santai, serba nongkrong, maen-maen, dan harus pinter-pinter jaga diri supaya pikiran ‘alaah, kerja dulu aja dah, ntar kuliahnya lanjutin lagi’ ngga merasuki otak. Tapi ngga begitu-begitu amat kok. Santai sih santai, jadwalnya bisa dikaretin ampe melar, tapi tugasnya ngga bisa dipandang remeh, sekalinya gampang ya gampang, tapi kalo lagi susah-susahnya tuh bakalan bikin begadang. Plus, untuk orang-orang yang patuh aturan, kampus itu ngga bisa dibilang santai sama sekali. Ga boleh absen banyak, tugas dikumpulin, atau ngga lulus dan harus mengulang lagi mata kuliah itu tahun depan, wew. Ancaman yang bikin merinding kan?

Soal sosial kampus, ngga seindividu yang dulu gue kira. Masih banyak aja tuh yang bersedia membagi contekan jawaban saat UAS. Ngerjain tugas juga masih banyak yang kerja sama menyelesaikannya bareng. Bayangan horor hilang seketika, yah, seenggaknya di tempat gue kuliah ngga seserem itu kok. Dosennya juga variatif, ada yang kaku sampe bikin mata belo karena ikut suasana tegangnya, ada yang jago lullaby sampe bikin yang begadang jadi pulas, dan ada juga yang murni dosen: presentasinya oke. Tapi ngga sedikit juga yang nambah-nambahin intermezzo disela-sela penjelasannya, misal aja ada dosen yang banyolannya over dan emang jago ngelawak (astaga, dosen apa badut?), ada juga yang pemain teater jadi-jadian, dan ada juga dosen yang mampu ngebaca situasi dengan sangat-sangat baik. Variatif.

Praktisnya, kampus gue sebenernya cukup menyenangkan kalau diliat dari segi pengajaran. Tapi apakah hal yang membuat gue kurang sreg sampe-sampe pengen ikut ujian lagi? Well, yea, sistimnya kurang teratur. Mungkin karena jurusan yang tergolong baru, jadi masih banyak diperlukan penyesuaian-penyesuaian agar lebih baik lagi. Hm hm, dan gue bukan orang yang cocok untuk membangun sesuatu dari nol, lebih bisa gue lakukan andaikata melanjutkan tradisi yang udah ada sebelumnya. Haha. Hal itu juga yang sempet membuat gue dikuliahin panjang lebar ampe kuping panas sama senior gue waktu masih di rohis.

Pindah oke, ngga pun juga gapapa.

---

Gue punya kepercayaan yang bunyinya “semua orang itu sama menariknya, hanya soal kita mengenal mereka lebih baik dari kebanyakan orang atau engga”. Banyak orang yang gue kenal sekarang—dan menrik—pada awalnya itu gue anggep biasa-biasa aja. Palingan si A cuma anak SMA biasa yang gila fashion, atau si B? Yaah, palingan anak gaul biasa dengan serentetan pesona tebar pesonanya. Tapi nyatanya engga, setelah beberapa saat berinteraksi secara intens, banyak hal yang awalnya engga keliatan perlahan nongol *halah, nongol*. Jadi tahu kalo si A itu ternyata pemikir yang luar biasa absurd dan unlogis, namun masih nyisain unsur kalo ada kemungkinan pikiran dia yang absurd itu jadi nyata. Dan si B? Ya selama ini gue tau hanya doyan tebar pesona doang ternyata menyimpan macem-macem ide yang bikin gue berdecak girang.

Nah nah, ada pengalaman sejenis? Untuk itu gue ngga bisa percaya dengan apa yang kita sebut first impression. Sekuat apapun impresi pertama yang gue tangkep dari seseorang, gue akan berusaha mengaburkannya sampe bener-bener bias. Tunggu beberapa waktu lagi supaya bisa ditentukan, apakah dia worth, atau tidak untuk diajak tukar pikiran. Tee hee. Dont judge book by it’s cover, basi, anak SD pun juga pasti udah pada denger istilah sejuta umat itu. Tapi mau dikata apa kalau nasib berkata lain? *lah lah*, nyatanya emang begitu. Cover-impresi pertama biasanya sangat bikin sesat. Contohnya gue misal (p.s: cuma CONTOH), kesan pertama gue tuh umumnya, “wah, cool nih, diem-diem aja”, atau “ih, kayanya gimanaaa gitu ya”, padahal dalem ati gue udah komat kamit “wanjred, gue salah apaan nih diliatin mulu? Baju? Ah, ngga kebalik kok!”. (n.b: cuma CONTOH).

Di dunia kampus pun gue perlahan menilik. Selain di tempat gue biasa interaksi ini (kalo di tempat biasa mah, udah lumayan jelas), gue mulai melihat beberapa orang yang sekiranya akan ‘hebat’ kalau bisa gue ajak interaksi, namun mungkin sulit, abisnya emang ngga ada variabel untuk mendekati orang-orang itu sih. Masa tiba-tiba ngga ada badai ngga ada ujan es (eh? Bandung ada loh kemaren, haha) gue nanya, “neng, kenalan dong” bisa digampar.

---

Another Side,

Gue nonton Kambing Jantan di bioskop. Oh yeaaah, gue tau reaksi elo berdua baca kalimat pertama paragraf ini tik, pi. Aha, hedonis? Pengkhianat? Yah, mungkin memang itu kali ya? Tenang, hanya penyesuaian diri, mamen. Jiwa gue masih jiwa-ngegembel-10-ribu-rupiah-saja-untuk-seharian kok *lol*. Sepedaan lagi? Yuuk, udah lama ngga jalan nih ya? *loh, malah curcol*.

Al rite. Kambing Jantan, enam maret 2009. Film garapan Rudi Soedjarwo yang merupakan adaptasi dari buku dengan judul hampir serupa. Yah, basicnya gue bukan penyuka film sih, apa yang harus gue komentarin? Secara genre, gue bisa bilang film ini beda sama film-film indonesia lain yang lagi mainstream sekarang. Dari story mungkin standar-standar aja, tapi dari genre, jelas beda. Komedi yang ditampilin disini itu bukan komedi anarkis dimana harus ada main fisik dulu baru jadi suatu bahan tertawaan. Ketimpuk sendal, kaki diinjek, ataupun tempelengan tiba-tiba. Film ini ngga memberikan itu semua. Film ini mengandalkan dialog-dialog untuk menyampaikan bahwa genre film ini adalah komedi. Dan itu bukan hal yang umum kan di Indonesia? Atau paling engga, gue anggep begitu deh ya.

Sayang terlalu banyak bagian drama-cinta-setengah-setengahnya. Yeah, bagian drama dari film ini nyaris sama-atau bahkan lebih buruk daripada film-film ‘lope-lope’ standar yang lain. Plus, semua pemeran wanita di film ini (minus ibunya) itu bikin eneg kalo diliat lebih lama lagi mainnya, ketawa, marah, nangis mereka itu terlalu berlebihan ah. Gue bisa ngasih nilai 6/10 buat film ini *halah, sok banget*. Biasa, cuman buat orang-orang yang mengincar tema komedi yang beda dari yang biasa kita liat, lumayan lah.

Masih enam maret 2009 kawan. Sepulang dari Kambing Jantan, ada rencana lagi untuk nonton film indie di France Culture Center—yang kebetulan deket sama bioskop pemutaran kambing jantan sebelumnya. Disana lagi ada pameran foto, bedah buku, dan pemutaran film yang kesemuanya itu bertajuk gay, lesbian, transgender and so on and so on. Phew. Pameran fotonya lumayan, sekali lagi nih, gue ngga berbasis fotografi, penilaian gue subjektif mampus. Beberapa ada yang bagus, dan beberapa pula ada yang sangat maksa sampe ngga keliatan kalo itu adalah pameran fotografi.

Soal filmnya?

Soooooooooooo. Gaaaaaaaaaaay. *yaeyalah*

Detik-detik pertama gue nonton itu merupakan adaptasi abis-abisan. Bayangin aja, dari awal udah ada dua cowok berbicara dengan intim yang bikin tengkuk meremang, dan dilanjutkan dengan ciuman mereka yang ‘hot’. Weleweleh, apakah dosa bagi saya untuk mempunyai rasa ingin ngakak berlebih saat itu? Tentu tidak. Tapi saya menghargai bahwa film yang saya tonton ini adalah semacem perayaan barudak homo bandung, dapat terlihat beberapa meter dibelakang saya itu duduk berpasang-pasangan cowo dengan mesranya, wakaka. Merinding saya, merinding. Demi menjaga perasaan para homo tersebut, saya menahan tawa saya.

Spinnin, muter, gasing, judul dari filmnya. Awalnya sih emang dipenuhi adegan ‘hot’ tanpa sensor yang bikin geli-merinding-eneg. Tapi makin ketengah, makin terasa konflik-konflik yang ringan, namun ada dalam jumlah yang banyak bertebaran di tiap sudut film ini. Sinematografinya lumayan, kayanya bener-bener ngga menggunakan program edit film untuk menambahkan efek sedikit pun. Pemotongannya tiap scene-nya juga kasar, namun menurut gue itu justru jadi nilai tambah tersendiri dari film ini. 6.8/10 kayany cukup deh. *lah, gedean nilai film homo*.

0 comment: